26 Sep 2016
Senin, September 26, 2016

Tugas 3 Sinyal Dan Sensor SMT 3 kelas A

Tugas3: Tugas kelompok (Nilai bersama)
Menjelaskan minimal 8 sensor(nama sensor,cara kerja sensor,bentuk sinyal output sensor,digunakan di bidang apa, contoh skema)
Artikel saudara di upload dalam blog kelompok



1. Gyroscope 


Gyroscope adalah tipe sensor menilai rotasi pada perangkat yang diambil dari penerapan fisika dengan 3 wumbu fisik ( x, y dan z). Gyro sensor mendeteksi kecepatan sudut yang dihitung dengan menggunakan data pengukuran dengan prinsip ketetapan momentum sudut.


Sensor ini mirip dengan accelerometer yang mendeteksi rotasi smartphone. Namun yang menbedakanya yaitu sensor ini tidak dipengaruhi gravitasi secara langsung, sehingga gerakan yang dihasilkanpun tampak lebih halus. Sebagai contoh anda dapat menerapkan sensor ini pada saat bermain game mobil balap yang hanya perlu menggerakkan ponsel kekanan, kiri, atas atau bawah. 




2. Sensor Cahaya

Sensor Cahaya  adalah tipe sensor yang berguna untuk mengatur tingkat ambient cahaya ( Iluminasi atau pengukur tingkat kecerahan cahaya). Dengan kata lain ponsel ini sudah dapat menyesuaikan kecerahan layar dimanapun anda berada, sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot mengatur tingkat kecerahan pada ponsel.

3. Linear Acceleration 

Linear Acceleration adalah sensor mengukur gaya percepatan dalam m/s2 yang diterapkan pada 3 sumbu fisik ( x, y dan z). Sensor ini bermanfaat untuk pemantauan percepatan pada sepanjang sumbu tunggal dan saling terkait dengan sensor lain termasuk gaya gravitasi.


4.Magnetic Field 



Magnetic Field adalah sensor magnetic untuk mengukur kekuatan medan magnet, fluktuasi, membagi pengukuran ke X, Y, Z dan komponen, selain itu sensor ini juga dapat digunakan untuk menentukan orientasi pada ponsel.

Sebagai penerapanya ponsel ini terdapat pada beberapa aplikasi seperti kompas, detektor logam, prediksi letak pada peta dan masih banyak lagi.




5. Sensor Orientasi 

Sensor Orientasi adalah sensor perangkat yang berasal dari sensor percepatan 3-axis ( yaw, pitch, roll). Manfaat dari sensor orientasi yaitu, anda dapat memperoleh matriks kecenderungan dan rotasi matriks dengan menggunakan sensor gravitasi dan geomagnetik, sehingga anda dapat memperoleh letak posisi perangkat.


6.Sensor Tekanan/ Barometic Sensor

Sensor Tekanan adalah snsor yang berfungsi untuk mengukur tekanan udara ambien di hPa atau mbar. Selain digunakan untuk mengukur tekanan udara ponsel ini juga sangat cocok untuk anda yang bekerja sebagai tim SAR dan para pendaki gunung, karena ponsel ini dapat digunakan untuk mengukur ketinggian tekanan angin pada ban dan masih banyak lagi. Uniknya tidak semua perangkat memiliki sensor ini.


7.Proximity

Proximity adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi suatu object tanpa kontak fisik object didepanya secara langsung, mulai dari 0 hingga beberapa milimeter. Biasanya sensor ini terdapat pada depan bagian atas ponsel.

Sebagai contoh  sensor ini dapat mematikan layar dengan sendirinya saat anda menelepon, tidak hanya untuk menelepon anda juga dapat mengoptimalkan sensor tersebut untuk aplikasi pemutar music, video, screen off dan masih banyak lagi.







8.Sensor Humidity

Sensor Humidity adalah sensor yang berguna untuk berguna untuk mengukur ambient relatif kelembapan dalam persen (%). Sebagai penerapanya sensor ini dapat mengukur kelembapan pada rumah anda, selain itu sensor ini juga dapat mengukur kelembapan tanah dan udara.

Sehingga anda tidak perlu lagi merogoh kocek lebih dalam untuk membeli sensor temperature, karena Sensor Humidity biasanya berkaitan dengan Sensor Temperature yang dapat mengukur tingkat kelembapan.



9.Rotation Vector

Rotation Vector adalah sensor yang berfungsi untuk mengukur orientasi perangkat dengan tiga unsur perangkat rotasi. Implemantasi atau manfaat dari Rotation Vector hampir sama dengan sensor gerak, namun sensor ini lebih fokus pada pergerakan rotasi perangkat anda.





1 komentar:

tinggalkan komentar
saran,request atau kritik
agar saya bisa mengetahui kekurangan
blog ini

salam blogger

Like Us!