Notifikasi :

1. Text Kamu.

2. Naruto shippuden tamat.

3. Gintama ceritanya mulai ngawur xD.

4. Hello world.

Popular Post

Posted by : reendra setyawan 8 Mar 2013

Tips Menyiapkan Dana Darurat

assalamualaikum

AHOOI KAWAN WERKUDARA BLOG
haloo kawan kawan sekarang admin akan post tentang Tips Menyiapkan Dana Darurat Apa yang kalian lakukan pada saat ada saudara yang sangat memerlukan dana untuk biaya berobat atau untuk lainnya? Bisakah Anda membantunya? Bagaimana jika ternyata hal tersebut menimpa diri Anda atau keluarga sendiri? Mampukah Anda menyiapkan dananya? anda datamg di blog yg tepat saya akan berbagi tips menyiapkan dana darurat penasaran ? mari kita baca artikel berikut 

selamat membaca....................


Disinilah pentingnya kita untuk mempersiapkan dana darurat. Dana darurat itu bisa di untuk kondisi darurat lainnya, seperti dana untuk berjaga-jaga jika terkena PHK dari perusahaan maupun sekedar up-grade ke kelas kamar yang lebih nyaman saat harus dirawat di rumah sakit. 

Berapa besarnya dana darurat yang harus dipersiapkan? Jawabannya tergantung pada jumlah tanggungan yang Anda miliki. 

Berikut ini adalah detailnya :




Setelah tahu berapa besar dana yang harus Anda siapkan, berikut ini langkah-langkah untuk mempersiapkan dana darurat tersebut:

1. Buatlah daftar aset lancar yang dimiliki



 Aset lancar adalah aset yang dapat dicairkan dalam waktu cepat seperti tabungan, deposito, emas, dan reksadana. Rumah dan mobil tidak termasuk, karena butuh waktu untuk menguangkannya (menjual).

2. Buatlah daftar pengeluaran bulanan keluarga


 termasuk di dalamnya adalah pembayaran cicilan utang setiap bulannya. 

3. Tentukan besarnya dana darurat yang diperlukan berdasarkan tabel di atas


 Misalnya, untuk pasangan menikah dengan 1 anak, pengeluran bulanannya Rp5 juta, berarti seharusnya keluarga tersebut punya dana darurat sebesar Rp45 juta (9 X Rp5 juta).

4. Alokasikan sebagian aset lancar Anda untuk dana darurat.

Setelah mengetahui besarnya dana darurat, harus ditempatkan dimanakah dana darurat tersebut? Berikut ini beberapa alternatif penempatan dana darurat :
1. Tabungan
2. Deposito 
3. Emas

Dari beberapa alternatif penempatan dana darurat di atas, standar minim untuk komposisi dana darurat adalah: sebesar 1 kali pengeluaran bulanan harus dalam bentuk tabungan. Selebihnya bisa menyesuaikan dengan aset lancar yang telah dimiliki. Misalnya, jika ternyata saat ini sudah memiliki emas maupun deposito, itu pun bisa Anda alokasikan untuk dana darurat. 

Menghitung dana darurat tentu lebih mudah dari pada mengalokasikannya. Kondisi paling ideal adalah dana darurat bisa terpenuhi sebelum mencapai tujuan keuangan lainnya. Jika ternyata masih terlalu berat untuk mencapai kondisi ideal tersebut, janganlah berputus asa. Sepanjang Anda bisa menyisihkan sebesar 2-3 kali pengeluaran bulanan untuk disimpan sebagai dana darurat dan ada penambahan secara rutin, baik secara bulanan maupun tahunan, itu juga masih baik untuk dilakukan. Sehingga jika terjadi kondisi darurat, Anda tidak harus mengorbankan dana pendidikan anak maupun dana untuk tujuan keuangan lainnya.
jadi persiapkanlah dari dini agar dapat mengatasi masalah keuangan di saat darurat. sekian dari saya kurang lebihnya saya minta maaf dan semoga menambah wawasan anda tentang Tips Menyiapkan Dana Darurat

semoga bermanfaaat..............

anda ingin artikel tentang tips dan trick lebih banyak lagi ? kalau iya ayo rame-rame kunjungi werkudara blog  dan dapatkan artikel menarik lainnya seputar tips dan trick

Leave a Reply

tinggalkan komentar
saran,request atau kritik
agar saya bisa mengetahui kekurangan
blog ini

salam blogger

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Werkudara Blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -